Sunday, November 16, 2008

Hasil Test Perkembangan Anak






Jumat kemaren bunda dapet undangan dari sekolah aa buat menghadiri pertemuan ma psikolog n kepala sekolah aa untuk ngebahas hasil Test Perkembangan Aa
Hasilnya beda banget sama hasil TPA sbelumnyah waktu di smart steps yang berupa angka2, kali ini hasil testnyah berupa naratif biar gampang katanyah bacanyah...
Over all bunda agak kecewa ma hasilnyah bukan karena gak sesuai sama yang bunda inginkan, Tapi baca hasilnyah asa gak maksimal asa banyak yang bukan Aa banget....sebenernyah hal ini berhubungan sama curhatan bunda yang kurang sreg ma sekolah aa, lho kog bisa...?
Aa tuch menurut bunda anak yang rada istimewa (maap niy yaa bukan bunda yang mengistimewakan aa)
Awalnya bunda gak pernah punya niatan buat nyekolahin aa di playgroup, Bunda pikir mu langsung TK ajah (halah playgroup2 gaya2an doank gituh pendapat bunda waktu ituh)
Tapi tetteww....ternyata situasi dan kondisi saat ituh memungkinkan banget buat masukin aa ke sekolah, waktu ituh umur aa 2taun 8 bulan. Selaen aa yang nagih kpingin skolah, kita baru pindahan dari antapani (yang crowded,banyak tetangga n bagus banget buat sosialisasi) ke Jatinangor yang sunyi sepih....ada tetangga tapi gak ada anak2 sebaya aa yang maen2 gituh...satu lagih bunda lagi hamil Giza waktu ituh....
Pertimbangan bunda dari pada di rumah gak ada temen, aa muley egois banget, gag tau rasanya berbagi, jadi harapan bunda aa bisa ada kesibukan kalo ada adeknyah entar.
Kenapa pilih di Smart Steps....yang jauh di sulanjana? Sejujurnyah bukan karena gengsi atow apalah itu namanyah, stelah survey sanah sinih pilihan jatuh ke smart steps...knapa disana disana aa di bawah pengawasan dokter anak,dokter gigi sama psikolog, bener2 di awasin lho...he...he....secara Gavin tuh anti banget ma dokter alhamdulillah disanah belio lancar2 ajah ke dokter selaen itu disanah skolah gag boleh ditungguin jadi melatih kemandirian aa, yang bunda suka asisten ma gurunyah care banget termasuk satpam, bagian dapur, admin, cleaning service smuah familier banget ma anak2, jadi aman nyaman.
Aa mulai kenal macem2 makanan , toilet training, sama belajar yang basic2 juga disanah. So far siy bunda puas banget deh di sanah. Mana kalo telat jemput dijagain, ma guru kelasnyah deket. Ow yah aa ikutan les berenang juga lho disanah, yang bunda rasain banyak perkembangan yang berarti buat aa.
Sbenernyah bunda rada ragu juga waktu TK mesti pindah skolah, udah kesepakatan bersama Tk-nyah aa mesti TK Islam sdangkan smart steps-kan umum, ada siy les ngaji tapi pertimbangan kita kalo di TK Islam bakal dikenalin sama segala sesuatu yang ga sempet ayah bunda ajarin, minimalnyah aa jadi hapal surat-pendek karena terbiasa gituh.
Stelah survey sana sini pilihan jatuh ke Al biruni, awal-awal skolah disana berasa beraaat banget, di barengin sama kehamilan 4 bulan bunda yang agak2 rewel, bunda sempet stres siy lho koq yaa keik gag mampu ngurus anak2 gituh yaa...,sama seorang Gavin berasa beraaat banget. Manjanya, egoisnyah,moody,sensitif...smuah mesti ati2 banget
Ditambah tiap hari dapet report dari gurunyah yang isinya bikin bunda sedih. Kenapah??
Karena tiap report-nyah ada kemunduran sama aa, seperti contohnyah “bu tolong di bantu Gavin supaya belajar menggambar di rumah” ato ngga “bu tlong di bantu di rumah sering2 mewarnai, menggunting,melipat”
Koq yaa bunda ngerasa ini bu gurunyah yang salah nulis atow....???
Bunda protes dunk....”maap bu Guru aa udah pinter gambarmewarnai,menggunting,melipat mungkin waktu kegiatan Gavin gag mood ajah bu jadi gag mau,masih adaptasi mungkin jadi belom merasa nyaman”
Lama-lama koq buku report isinyah bantahan-bantahan gituh, lho koq kesannyah sebagai ibu bunda Cuma gag ngakuin pada dasarnyah di skolah aa gag bisa ngapa2in gituh....hiks..
Sedih gag siy....bunda liyat2 hasil hasil prakarya aa jaman di Playgroup yaa ampunnn anakku bisa koq ada gambar ekspresi sedih,seneng,marah,gembira Gavin gambar mobil stasiun kereta api, belom lagih di tembok2 rumah bunda ada macem2 gambar gavin yang menurut bunda udah lumayan bagus n berbentuk...lha yang salah syapah??
Bunda kurang sreg niyy m gurunyah, keiknyah ga merhatiin aa kurang care n gag ngerti gmana ngadepin aa. Yang bunda tau aa Cuma pingin diperhatiin di anggap di tanya...
Udah cape ajah tiap2 nulis di buku penghubung, yang ada bunda selalu ngebantah
Banyak yang bunda gag sreg liyat hasil test perkembangan aa, diantaranya gavin harus dilatih buat bermaen puzzle....yaa ampuun itu hobinyah banget seisi rumah tau koq...
Tapi ada juga beberapa hal yang bunda pikir iya siy aa emang gituh,diantaranyah
Gavin belum mampu mengendalikan dan mengekspresikan emosi, perlu di bantu mengikuti acara bersama teman tanpa bertengkar, menunjukan keceriaan pada sebagian besar waktu, mengekspresikanrasa marah/frustasi dengan verbal bukan dengan tindakan, menerima saat guru memodifikasi prilaku negatif, mengakui kesalahan dan minta maap,menghadapi perubahan yang mendadak dan situasi yang baru . intinyah yang bunda bilang tadi Aa moody bangetkan??
Kemampuan sosialisasi masih perlu di bantu dalam hal bermain berkelompok, berbagi, bergantian dengan teman,bermain bersama tanpa bertengkar,menunggu giliran. Kalow yang ini intinyah aa masih egois & selfish banget
Yang lainnyah tentang konsentrasi bunda akuin perhatian aa gampang beralih, tapi yaa gag parah2 banget koq,melakukan kontak mata kalau berbicara ini juga sejak dulu kalo ngobrol matanyah jalan-jalan, sisanya tentang ketelitian n motorik halus.
Getuh deh sekilas hasil dari Test Perkembangan Anak-nyah aa Gavin...

0 komentar:

 
Tu Wa Ga Pat Blogger Template by Ipietoon Blogger Template